Pesantren Kilat SMA Negeri 2 Makassar

SEKOLAH Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Makassarmenggelar pesantren kilat Ramadan bagi siswa yang beragama muslim dalam mengisi liburan puasa. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan SMAN 2Makassar dan tahun ini sudah angkatan yang ke-37.

Meski sedang berpuasa, tapi semangat para siswa untuk mengikuti serangkaian kegiatan Pesantren Kilat Ramadan sejak Kamis (12/8) ini tidak surut. Pesantren Kilat Ramadan ini akan berakhir hari ini, Selasa (17/8), yang ditutup dengan buka puasa bersama.

Menurut Koordinatior Acara, Abdul Syukur, materi yang diberikan merupakan standar kompetensi agama Islam yang mendidik untuk terus meningkatkan keimanan, apalagi di bulan Ramadan.
“Kita sengaja memanfaatkan liburan puasa ini agar pengetahuan ke-Islaman teman-teman makin baik. Selain itu, kita juga mengurangi kebiasaan teman-teman yang berkeliaran di saat libur sekolah. Makanya, daripada melakukan hal yang negatif nantinya, mending memperdalam pengetahuan agama,” ujarnya.

Sementara Ketua Panitia, Zainuddin Saleh, mengatakan melalui pesantren kilat ini SMAN 2 Makassr bertekad untuk memberantas buta aksara Al quran pada siswa. Juga untuk meningkatkan kadar keimanan siswa sehingga semakin taqwa kepada Allah.
Selain memberikan pengetahuan tentang agama, ada juga materi umum yang semuanya akan berkaitan dengan pandangan agama Islam. Seperti kesehatan remaja dan lainnya.
Hebatnya, kegiatan itu melibatkan pemateri dari luar sekolah yang memang ahli dibidangnya. Ada juga praktek wudhu, tayammum, dan shalat.
Canggihnya, karena selain diberikan penjelasan oleh para guru agama Islam dan guru pendamping lainnya, tuntuna cara wudhu, tayammum, serta shalat juga diperlihatkan melalui screen.
Manfaatnya sungguh dirasakan para siswa, apalagi tentang bentuk dan sikap tubuh saat shalat. Terlihat, masih ada beberapa siswa yang gerakan tubuhnya masih keliru, sehingga guru pendamping setia memberikan petunjuk. Seperti saat bungkuk tubuh harus membentuk sudut 90 derajat.
Selama mengikuti pesantren kilat ini, banyak perubahan positif yang diperlihatkan siswa SMAN Negeri 2 Makassar ini.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap pesantren kilat pasti ada yang mengubah penampilan, khususnya yang perempuan. Banyak yang memutuskan untuk menggunakan jilbab.
“Itu juga terjadi saat ini, banyak perubahan positif yang signifikan. Sudah ada beberapa yang memutuskan untuk menggunakan jilbab. Selain itu, bacaan shalat makin meningkat serta sikap mereka makin santun,” kata Ketua Panitia, Zainuddin Saleh.(apriani landa)

Ajarkan Solidaritas Sosial

SETELAH menerima dan memperdalam ilmu agama sekaligus mengajarkan siswa

dan siswi untuk berbagi kepada sesama, bukan saja secara teori tapi diajak untuk terlibat langsung.
Seperti tema pesantren kilat Ramadan kali ini yaitu “Dengan Pesantren Kilat Ramadhan, Kita Mantapkan Iman dna Ibadah serta

Gelorakan Ukhuwah Islamiyah dan Solidaritas Sosial”.
Sebagai aplikasi, siswa dengan ikhlas menyumbang untuk kegiatan bakti sosial yang akan dilakukan SMAN 2 Makassar. Rencananya, mereka akan melakukan kunjungan ke be

berapa  panti asuhan di Makassar akhir pekan nanti.
Para siswa ada yang menyumbang pakaian layak pakai, beras, susu, mie instan, gula, dan kebutuhan pokok lainnya. Ada juga yang memberikan uang tunai.
“Ini sebagai bentuk kepedulian siswa dan menumbuhkan rasa solidaritas sosial. Dari kegiatan ini, siswa termotivasi untuk selalu bersedekah, apalagi bersedekah di bulan Ramadan yang pahalanya berlipat-lipat,” kata Ketua Panitia, Zainuddin Saleh.(nda)

Perubahan Positif pada Siswa

PESANTREN kilat Ramadan ini memiliki sasaran utama, yaitu untuk membentuk perubahan sikap anak-anak ke arah yang lebih positif.
Karena selama di pesantren kilat, banyak pengetahuan yang diberikan. Pengetahuan umum yang ditinjau dari segi agama Islam.
Anak-anak juga diarahkan untuk mendalami Al quran, dan mengajak menghafal 24 surah-surah pendek. Juga pengenalan-pengenalan tajwid
Selama pesantren ini, banyak perubahan yang telah diperlihatkan anak-anak. Mereka kini kian santun juga paham tentang cara wudhu, tayammum, dan shalat. Juga bacaan-bacaan saat melakukan aktivitas tersebut.(nda)

Abdul Syukur, Koordinator Acara

Rajin Salat dan Mengaji

BULAN Ramadan ini menjadi momen untuk banyak beramal dan beribadah. Seperti yang dilakukan Nur Hikmawaty S.
Siswi kelas X SMAN 2 Makassar ini mengaku rutin menjalankan salat lima waktu dan mengaji setiap hari. Ternyata, kebiasaan ini bukan saja dilakukan di saat bulan Ramadan, tapi sudah menjadi kebiasaan setiap hari.
“Memang sudah kebiasaan menjalankan shalat lima waktu setiap hari dan mengaji sekali dalam sehari. Di bulan Ramadan ini, aktivitas itu makin diperdalam lagi,” kata gadis kelahiran Ujung Pandang, 23 April 1995 ini.
Makanya, mengikuti Pesantren Kilat Ramadan di sekolahnya SMAN 2 Makassar, membuatnya makin sadar petapa pentingnya memperdalam ilmu agama Islam dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Anak ketiga dari empat bersaudara pasangan Syarifuddin dan Martawati ini bukan saja unggul dalam keimanan, tapi akademiknya juga patut diajungi jempol.
Gadis berjilbab yang bercita-cita ingin jadi guru ini merupakan juara peringkat umum dari kelas 1-3 saat di bangku SMP 13 Makassar.
“Saat SMP juga sempat ikut seleksi OSN tahun 2009 tingkat Makassar, tapi belum membuahkan hasil menggembirakan. Sekarang, saya masih berhasrat untuk ikut berbagai lomba akademik,” katanya.(nda)

Data diri:
* Nama: Nur Hikmawaty S
* Panggilan: Hikma
* Lahir: Ujung Pandang, 23 April 1995
* Orangtua: Syarifuddin/Martawati
* Kelas: X.8
* Hobi: Membaca
* Cita-cita: Guru

Komentar-komentar peserta:
1. Adhea Priyanka Indira, Siswa SMAN 2 Makassar
Kegiatan ini sangat bagus untuk memperdalam agama juga menyadarkan kita betapa pentingnya pelajaran agama, mengajak pelajar untuk rajin baca Alquran dan tidak meninggalkan salat.(nda)

2. viagra india Darwis, Guru SMAN 2 Makassar
Pesntren kilat ini menambah semangat beribadah kepada siswa. Makin rajin salat, serta sikap dan perilaku makin santun.(nda)

Sumber: http://www.tribun-timur.com/read/artikel/123499/Tingkatkan-Keimanan-di-Bulan-Ramadan

zp8497586rq
zp8497586rq

About Romy Steven J

Guru bidang studi TIK di SMA Negeri 2 Makassar dan Pembina Organisasi Smada Information & Technology Community (SITe.Com)